Menjadi guru yang baik saat mengajar
bukan hanya soal sifat si guru tersebut, tapi soal kemampuan mengatur irama
pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat marah jika muridnya sering
berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat siswa tertib adalah kesibukan
yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun tetap bermakna memang tantangan
semua guru. Ada guru yang senang memberi soal sulit pada siswanya dengan
harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak dipusingkan oleh masalah
perilaku.
Padahal sebaliknya hal tadi hanya
terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah baik, sementara anak-anak yang
lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah karena merasa gurunya memberi
pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena pekerjaannya sulit membuat anak
-anak yang memang sudah bermasalah pada perilaku akan timbul lagi keinginannya
untuk membuat keributan dan ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam
mengajar siswanya di hari itu.
Ada beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda
berlalu tanpa terasa baik kita sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara
mengajar dan perencanaan mengajar kita.
1.
rencanakan dalam seminggu perencanaan
mengajar anda
2.
selalu update rencana pengajaran anda
setelah dan sebelum mengajar
3.
tidur yang cukup setiap hari. Hal ini
penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
4.
rencanakan pengajaran anda dalam team,
jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama
guru.
5.
masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau
5 menit lebih awal.
6.
pikirkan 3 strategi atau rencana dalam
mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
7.
saat mengajar sempatkan memotivasi
siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami
karakter anak yang anda ingin motivasi
8.
tebarkan senyum pada seisi kelas
9.
ucapkan salam dengan semangat saat akan
mengajar
10.
berikan soal yang menantang dan bukan
sekedar sulit
11.
minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya
jika ia sudah selesai
12.
kurangi gaya ‘one man show’ saat
mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga
berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang
anda berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar